Jumat, 27 Januari 2012

Benteng Vredeburg



Benteng Vredeburg, benteng yang berada tidak jauh dari keraton Jogjakarta dan jl. Malioboro ini adalah  benteng peninggalan Belanda, yang dibangun pada tahun 1765 oleh pemerintah Belanda dengan tujuan menahan serangan dari Kratton Yogyakarta. Dengan dinding pembatas yang tinggi beserta menara dan juga parit yang mengelilingi benteng tersebut, sekiranya pihak Belanda lebih merasa aman dan dapat berlindung dari serangan pihak Kraton.
Benteng yang menjadi saksi sejarah penjajahan di Indonesia ini sekarang dikelola oleh pemerintah DIY  dan dijadikan museum dan tempat wisata. Di museum atau benteng yang luasnya sekitar 2100 m2 ini mempunyai beberapa koleksi yang juga bisa digunakan untuk sarana pendidikan, seperti :
Ø  Bangunan-banguna peninggalan Belanda yang sudah di pugar sesuai bentuk aslinya.
Ø  Diorama-diorama yang menggambarkan peristiwa-peristiwa di Yogayakarta tentang perjuangan para pahlawan sebelum merdeka, yang juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran siswa.
Ø  Koleksi benda-benda bersejarah, foto-foto, dan lukisan perjuangan nasional dalam merintis, mencapai, mempertahankan serta mengisi kemerdekaan NKRI. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar